Category: Damainya Meditasi Published: Tuesday, 21 November 2017

Meditasi Sarana Pembuktian Kelahiran Kembali
Oleh : Yang Mulia Bhikkhu Uttamo Mahathera

 

Masalah kehidupan sering menjadi suatu teka-teki untuk kita. Kadang kita bertanya-tanya, sesungguhnya dari mana kita berasal? Dari mana datangnya, apakah kita muncul begitu saja? Ataukah ada sebab lain?

Ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa kita dicipta. Tetapi seandainya kita lalu menanyakan kenapa saya dicipta menderita? Mengapa dia dicipta bahagia? Kenapa dia dicipta sehat dan saya dicipta sakit-sakitan? Masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan demikian yang merupakan misteri kehidupan yang kalau hanya dijawab dengan "ciptaan", bahwa semua ini adalah ciptaan, tentu hasilnya akan menumbuhkan ketidak-puasan, karena kita ingin tahu alasan yang lebih mendalam. Kalau kita hanya menjawab sampai pada penciptaan saja, tentunya berhenti tanpa ada kelanjutan lain.

Read more: Meditasi Sarana Pembuktian Kelahiran Kembali

Category: Damainya Meditasi Published: Saturday, 04 November 2017

Seni Kehidupan: Meditasi Vipassana
Oleh : Shri Goenka

 

Setiap orang mencari kedamaian dan keharmonian, karena hal tersebut kurang dalam hidup kita. Dari waktu ke waktu, kita semua mengalami kegelisahan, kejengkelan, percekcokan, dan penderitaan. Ketika seseorang menderita disebabkan oleh kegelisahan, ia bukannya membuat penderitaan dalam dirinya berkurang, tetapi malah menyebarkannya kepada yang lainnya. Kegelisahan menyebar ke dalam atmosfir sekitar orang yang menderita tersebut. Siapapun kemudian yang datang, dekat, atau berhubungan dengan orang tersebut akan menjadi jengkel dan gelisah. Tentu saja hal ini bukan cara yang benar untuk hidup kita.

Read more: Seni Kehidupan: Meditasi Vipassana

Category: Damainya Meditasi Published: Monday, 16 October 2017

Berlatih Meditasi
Oleh Yang Mulia Olande Ananda Thera

 

Pembicaraan tentang meditasi adalah tidak sama dengan mempraktekkan meditasi. Kadang-kadang kita membutuhkan beberapa petunjuk dalam melakukan meditasi, karena kita tidak selalu mengetahui bagaimana cara untuk bermeditasi. Oleh karena itu, pada malam hari ini saya akan mengajarkan kalian cara untuk bermeditasi. Duduklah dengan tenang dan dengarkan instruksi-instruksi berikut dengan baik. Sebelum memulai latihan meditasi yang akan saya ajarkan ini, kita akan melaksanakan Metta Bhavana (Pengembangan Cinta-Kasih Universal), dan setelah itu kita aka berlatih Anapanasati Bhavana atau Pengembangan Kesadaran pada nafas. Pada latihan Anapanasati tersebut, kita bukannaya mencona utnuk masuk pada keadaan yang tanpa sadara ataupun mencapai jhana-jhana, tetapi kita akan berlatih Satipatthana Bhavana (Pengembangan Kesadaran); dan sebagai langkah pertamanya adalah melatih Anapanasati (perhatian pada Pernafasan). SATI artinya Perhatian Murni atau Penyadaran Jeli atau Kesadaran (mindfulness), PATTHANA artinya dasar. Jadi Satipatthana artinya Dasar dari Kesadaran.

Read more: Berlatih Meditasi

Category: Damainya Meditasi Published: Saturday, 04 November 2017

Meditasi
Oleh : Yang Mulia Bhikkhu Achan Chah

 

Saudara-saudara pencari kebajikan yang hadir di sini, dengarkanlah Dhamma dalam damai. Mendengarkan Dhamma dalam damai artinya mendengarkan dengan satu pikiran yang terpusat, memperhatikan apa yang didengar untuk kemudian melepaskan. Mendengarkan Dhamma adalah salah satu berkah utama, sambil mendengarkan Dhamma kita mendorong diri untuk membuat tubuh dan pikiran berada dalam samadhi (salah satu bentuk latihan dhamma). Pada jaman Sang Buddha orang mendengarkan Dhamma dengan penuh perhatian, dengan pikiran yang bercita-cita mencapai pengertian yang benar, dan beberapa orang benar-benar mengerti Dhamma sewaktu mendengarkannya.

Read more: Meditasi

Category: Damainya Meditasi Published: Saturday, 07 October 2017

Memahami Petunjuk-Petunjuk Dalam Meditasi
Oleh Yang Mulia Bhikkhu Cittagutto

 

"Tidak dengan mengendarai tunggangan, seseorang dapat pergi ke tempat yang belum pernah didatangi (Nibbana). Namun orang yang telah dapat melatih, menaklukkan dan mengendalikan diri sendiri, dapat pergi ke tempat yang belum pernah didatangi itu (Nibbana)." (Dhp. 323)

 

Dalam kehidupan yang baik, sejahtera dan bahagia, bagi siapa saja, tentu bisa ditemukan apa sebenarnya yang menjadi kunci penyebabnya. Apapun yang ingin kita peroleh, tentu memerlukan cara untuk meraihnya. Demikian juga dengan meditasi, kita perlu mengenal dan mengerti beberapa hal yang menjadi kunci kesuksesan dalam praktek meditasi bisa dicapai. Kunci utama sesungguhnya adalah pemahaman yang tumbuh dan berkembang dalam batin kita sendiri. Apakah yang perlu dipahami oleh pemeditator dalam melaksanakan praktek meditasinya ? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini, marilah kita menelusuri penjelasan di bawah ini dengan cermat.

Read more: Memahami Petunjuk-Petunjuk Dalam Meditasi

Category: Damainya Meditasi Published: Tuesday, 17 October 2017

Cara Bermeditasi
Oleh Yang Mulia Piyananda. Alih bahasa: Jinapiya Thera

 

Mengapa Bermeditasi

Dalam dunia ini, apakah yang dicari oleh kebanyakan orang dalam hidupnya? Sebenarnya, mereka ingin mencari ketenangan batin dan keselarasan hidup. Tidak sedikit di antara mereka berusaha mencarinya, walau mungkin mereka tidak mengetahui dengan jelas apa yang hendak dicarinya, atau mungkin cara mendapatkannya.

Read more: Cara Bermeditasi

Category: Damainya Meditasi Published: Friday, 06 October 2017

Metode Dasar Meditasi
Oleh Yang Mulia Bhikkhu Ajahn Brahmavamso

 

NAMO TASSA BHAGAVATO ARAHATO SAMMASAMBUDDHASSA

 

Bagian 1

Meditasi adalah jalan untuk mencapai pelepasan. Dalam meditasi orang melepas dunia yang rumit di luar untuk dapat meraih dunia yang tenteram di dalam. Dalam semua jenis aliran mistik dan dalam banyak tradisi, ini dikenal sebagai jalan menuju pikiran yang murni dan kokoh. Pengalaman dari pikiran yang murni ini, terbebas dari dunia, sangatlah menakjubkan dan membahagiakan.

Selama retret meditasi ini akan diperlukan kerja keras pada mulanya, namun embanlah kerja kerasnya dengan menyadari bahwa hal itu akan mengarahkan anda untuk mengalami keadaan-keadaan yang sangat indah dan berarti. Semua itu akan sebanding dengan usahanya! Merupakan sebuah hukum alam bahwa tanpa usaha orang takkan dapat membuat kemajuan. Entah orang tersebut adalah seorang perumah-tangga ataupun rahib, tanpa usaha orang takkan sampai ke manapun, dalam meditasi atau apapun juga.

Read more: Metode Dasar Meditasi

Category: Damainya Meditasi Published: Monday, 16 October 2017

Kesehatan Dan Kebahagiaan Melalui Meditasi
Oleh Yang Mulia Dr. Hammalawa Saddhatissa MA, PhD. D Litt

 

Saya percaya bahwa meditasi sangat diperlukan dalam kehidupan. Meditasi merupakan praktek yang sangat penting. Bisa kita katakan bahwa manusia terdiri dari batin dan jasmani. Maka jika orang ingin menjalani suatu kehidupan yang sehat secara fisik, ia harus mempraktekkan latihan-latihan fisik dan merawat tubuhnya. Kalau tidak, tubuh akan menjadi lemah. Sejak kecil orang harus sudah mempraktekkan latihan fisik untuk mempertahankan kesehatan yang optimal. Demikian pula dengan pikiran. Sama halnya bahwa orang harus mempraktekkan latihan fisik untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, ia juga harus berlatih meditasi untuk memperoleh pikiran yang sehat. Meditasi berarti pengembangan pikiran. Pikiran itu bersifat seekor kera yang terus-menerus melompat kian kemari dan tidak pernah tinggal diam. Pikiran mengejar persepsi-persepsi indria. Jika kita ingin mengendalikan dan memanfaatkannya, pikiran harus dilatih. Ini penting jika kita menginginkan agar pikiran berguna bagi kita. Untuk menggunakan pikiran, mengontrolnya dan mengonsentrasikannya pada obyek tertentu, pertama yang harus dilakukan adalah berlatih meditasi, misalnya meditasi dengan obyek nafas dan dengan cinta kasih universal.

Read more: Kesehatan Dan Kebahagiaan Melalui Meditasi

Category: Damainya Meditasi Published: Friday, 06 October 2017

Perbedaan Antara Meditasi Buddhis Dengan Yang Lain
Oleh Yang Mulia Bhikkhu Pannasaddha

 

Melatihan batin juga dikenal sebagai meditasi yang ditemukan dalam susunan semua agama. Sembahyang adalah suatu bentuk pengembangan dari meditasi dan di dalam kepercayaan agama Hindu pembacaan Slokas dan mantra-mantra dipakai untuk menenangkan pikiran sampai suatu tahap penerimaan. Kebanyakan hasil sistem ini adalah mengidentifikasikan keberhasilan dengan kemampuan jasmani yang luar biasa, kadangkala sangat cepat; dan bayangan-bayangan yang datang dalam keadaan setengah sadar, ataupun suara-suara yang terdengar, akan dianggap menjadi hasil akhir dari latihan. Ini bukanlah keadaan dalam bentuk-bentuk latihan meditasi Buddhis.

Read more: Perbedaan Antara Meditasi Buddhis Dengan Yang Lain