Category: Sutta Published: Monday, 27 November 2017

Pikiran

 

 

Seorang pemanah membentangkan busurnya, seorang bijak meluruskan pikiran pikiran yang tidak menentu dan goyah, yang sukar dijaga dan sukar dikendalikan.

 

Sebagaimana ikan yang diambil dari air dan dilemparkan ketanah, pikiran manusia gemetar hendak meloloskan diri dari dominasi Mara, sang penggoda.

 

Sesungguhnya baik menjinakkan pikiran yang sukar dikendalikan dan sifatnya tidak terfokus lari kemana dia suka; pikiran yang sudah dijinakkan membawa kebahagiaan.

 

Hendaknya orang bijak menjaga pikiran-pikiran karena sukar dicerap, sangat licin dan bergerak kemana ia suka; pikiran yang dijaga baik akan membawa kebahagiaan.

 

Mereka yang mengekang pikiran yang berkelana jauh, begerak maju sendiri, adalah orang-orang tanpa tubuh dan bersembunyi dalam tabernakel hati, akan dibebaskan dari ikatan-ikatan Mara (sang penggoda).

 

Jika iman seseorang tidak stabil, jika ia tidak mengetahui hukum sejati, jika kedamaian opikirannya terganggu, pengetahuannya tidak akan pernah mencapai kesempurnaan.

 

Jika iman seseorang stabil, jika pikiran tidak mengalami kebingungan, jika ia tidak lagi berpikir dalam kerangka baik dan buruk, tidak ada ketakutan baginya ketika ia berjaga-jaga.

 

Karena mengetahui bahwa tubuh ini mudah pecah seperti sebuah tembikar, dan karena membuat pikirannya kokoh bak benteng pertahanan, seseorang akan menyerang Mara (sang pengoda) dengan senjata pengetahuan, ia harus mengawasi Mara (sang pengoda) ketika ditaklukkan dan ia tidak pernah boleh beristirahat.

 

Wahai! Tubuh ini tidak akan lama berbaring di bumi, akan tetapi tanpa pengertian ia bagiakan sebuah kayu yang tak berguna.

 

Apapun yang diperbuat seorang pembenci kepada pembenci lainnya atau seorang musuh kepada musuh lainnya, pikiran yang diarahkan secara keliru akan menimpakan kesengsaraan yang lebih besar bagi orang yang bersangkutan.

 

Bukan soerang ibu atau ayah yang akan melakukannya, nukan juga sanak saudara; pikiran yang diarahkan dengan baik akan membwa kebaikaj yang lebih besar bagi kita.

 

 

Hits: 16