Category: Sutta Published: Wednesday, 29 November 2017

Diri

 

 

Orang yang menganggap dirinya berharga lebih dari yang lainnya, kiranya ia menjaga dirinya dengan seksama. Bagi orang bijak, setidaknya sekali dalam tiga kali pengamatan diri, ia harus bersikap waspada.

 

Baiklah setiap orang mengarahkan dirinya pertama-tama untuk segala sesuatu yang layak ia kerjakan sebelum memberi orang lain pengajaran. Dengan begitu, orang bijak tidak menderita sengsara.

 

Bila seseorang hendak menjadi pengajaran bagi sesamanya, sebaiknya ia menakhlukkan dirinya terlebih dahulu sebelum berupaya menakhlukkan orang lain. Hal ini karena menaklukkan diri sendiri jauh lebih sulit daripada menaklukkan orang lain.

 

Diri adalah majikan bagi dirinya, siapa lagi yang sanggup menjadi sang tuan? Dengan diri yang sudah ditundukkan, orang tersebut akan menemukan sang tuan seperti yang ditemukan segelintir sesamanya.

 

Kejahatan karena didorong lupa diri dan kesombongan akan mematahkan orang sombong seperti permata yang mematahkan batu-batuan berharga.

 

Dia yang kejahatannya sangat bear niscaya diturunkan ketingkat yang direncanakan musuhnya sebagaimana yang diperbuat tanaman merambat terhadap pohon inang yang dililiti.

 

Perbuatan-perbuatan jahat dan perbuatan-perbuatan yang merugikan diri sendiri justru mudah untuk dilakukan. Sedangkan yang baik dan menguntungkan jiwa malahan sukar dilakukan.

 

Orang bodoh yang mengikuti ajaran palsu dan mencemooh aturan yang terpuji (Arhat), yang terpilih (Ariya) dan yang berkeutamaan, akan menuai kehancuran diri seperti buah-buah (tanaman air) Katthaka.

 

Oleh diri seseorang, kejahatan dilakukan dan oleh diri seseorang, penderitaan meraja. Oleh diri seseorang, kejahatan dibiarkan merana dan oleh diri seseorang, purifikasi meraja. Yang murni dan yang tidak murni tegak dan tumbang oleh diri mereka sendiri, tak seorangpun yang sanggup memurnikan jiwa sesamanya.

 

Kiranya setiap orang tidak melalauikan kewajibannya demi sesama manusia. Meskipun begitu, setelah mengenal kewajibannya, kiranya ia selalu penuh perhatian terhadap kewajiban-kewajibannya.

 

 

Hits: 20