Category: Sutta Published: Friday, 15 December 2017

Uposathavimana - Istana Uposatha (Vv II.7)

 

 

Cerita ini mirip dengan cerita Istana yang diceritakan sebelumnya. Hanya saja, disini Uposatha adalah seorang umat awam perempuan di Saketa. Setelah menjelaskan kepada Y.M Maha-Moggallana apa yang menyebabkan keelokannya sekarang menyinari segala penjuru, dia kemudian menceritakan kesalahannya :

  1. "Sering saya mendengar tentang Nandana dan kerinduan pun muncul di dalam diriku; karena pikiran saya tertuju padanya dengan kerinduan yang terbentuk, saya muncul di Nandana."

  2. "Saya tidak melalukan instruksi Sang Guru, Yang Tercerahkan, sanak sang surya; pikiran saya tertuju pada apa yang rendah - yang di kemudian hari saya sesali."

 

Thera itu berkata :

"Berapa lama, Uposatha, engkau akan tinggal di Istana ini? Devata, katakanlah kepadaku jika engkau tahu, berapa lama masa-hidupmu?"

 

Dia berkata :

"Tiga puluh juta dan enam puluh ribu tahun tinggal di sini, petapa agung; ketika meninggal dari sini, saya akan pergi menuju kelompok manusia."

 

Thera itu berkata kepadanya :

"Janganlah takut, Uposatha; engkau dinyatakan oleh Yang-Tercerahkan sebagai Pemasuk-Arus yang unggul; bagimu kelahiran buruk telah tersingkirkan."

 

[Sumber: Vimanavatthu terbitan Wisma Sambodhi.]

 

 

Hits: 31