Category: Sutta Published: Monday, 18 December 2017

Paricchattakavimana - Istana Pohon Koral (Vv III.10)

 

 

Yang Terberkahi sedang berdiam di Savatthi, di Jetavana. Seorang umat awam yang luhur menjamu Yang Terberkahi di rumahnya dengan penghormatan besar. Pada saat itu, seorang perempuan yang sedang mengumpulkan kayu bakar di Hutan Gelap melihat sebuah pohon asoka sedang berbunga. Dia mengumpulkan bunganya dan pergi untuk menebarkannya di sekeliling Sang Buddha, menghormati Beliau dan pergi. Setelah meninggal, dia terlahir di alam Tiga-Puluh-Tiga dewa, dan menikmati festival Pohon Koral di Hutan Nandana bersama dengan peri-peri penarinya. Y.M. Maha-Monggallana juga melihatnya dan bertanya kepadanya demikian :

  1. "Dengan bunga-bunga atau pohon Koral dan eboni, yang menarik dan indah, sambil merangkai bunga surgawi dan menyanyi, engkau bersukacita."

  2. "Sementara engkau menari dengan semua bagian tubuhmu dengan berbagai cara, musik surgawi mengalun, sungguh enak didengar."

  3. "Sementara engkau menari dengan semua bagian tubuhmu dengan berbagai cara, wewangian surgawi terhembus ke sekeliling, bau-bau yang harum, yang menyenangkan."

  4. "Sementara engkau mengayunkan tubuhmu, suara hiasan-hiasan kecil di jalinan rambutmu terdengar bagaikan musik isntrumen berunsur-lima."

  5. "Anting-gantung tergetar angin sepoi - suarau ini terdengar bagaikan musik instrumen berunsur-lima."

  6. "Dan wewangian dari rangkaian bunga indah yang berbau harum dikepalamu berhembus ke segala penjuru bagaikan pohon manjusaka."

  7. "Nafasmu menghembuskan bau harum, engkau melihat keelokan yang bukan-duniawi. Devata, ketika ditanya jelaskanlah tindakan apa yang menghasilkan buah ini."

 

Kemudian devata itu menjelaskan :

  1. "Saya mempersembahkan kepada Sang Buddha rangkaian-rangkaian bunga asoka, yang menyala, berkilai, berbau harum."

  2. "Setelah melakukan tindakan bajik yang dipuji oleh Sang Buddha ini, saya kini bersuka cita tanpa kesedihan, bahagia dan sehat."

 

[Sumber: Vimanavatthu terbitan Wisma Sambodhi.]

 

 

Hits: 52