Category: Berita Buddhis Published: Sunday, 01 January 2012

Pembagian Paket Bantuan Perayaan Imlek

 

Dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Imlek 2012, Bodhi Buddhist Centre Indonesia akan menyalurkan 200 paket bantuan kepada guru agama Buddha dan umat kurang mampu yang merayakan imlek. Adapun paket bantuan yang akan diberikan adalah berupa 1 kotak Kue Bakul isi 6, 1 kg Gula, 1 liter Minyak Makan, 2 botol Syrup Kurnia, 2 toples kue kering dan 6 bungkus Detergen.

Read more: Pembagian Paket Bantuan Perayaan Imlek

Category: Berita Buddhis Published: Friday, 16 December 2011

Beberapa Negara Ingin Turut Serta Dalam Proyek Pengembangan Lokasi Kelahiran Sang Buddha (Lumbini)

 

Nepal -- India dan China, kedua negara ini tertarik untuk mengembangkan proyek renovasi ini. Sebelumnya Jepang telah turut serta dalam proyek ini. Sementara itu pemerintah Nepal telah mencari kemungkinan untuk keluar dari konflik sejarah negara itu.

Lumbini adalah tempat kelahiran Sang Buddha. India dan China tertarik untuk malakukan yang terbaik bagi tempat tersebut bersama dengan Nepal. Pada tanggal 8 November 2011, Dr. Karan Singh dari departemen luar negeri Kongres Nasional India, mengatakan kepada media di Kathmandu bahwa India tertarik dengan pengembangan Lumbini dengan cara yang sesuai statusnya sebagaimana yang tertera pada peta dunia.

Read more: Beberapa Negara Ingin Turut Serta Dalam Proyek Pengembangan Lokasi Kelahiran Sang Buddha (Lumbini)

Category: Berita Buddhis Published: Wednesday, 23 November 2011

Para Bhikkhu Mengunjungi Pusat-Pusat Evakuasi Korban Banjir Di Thailand

 

{gallery width=252 height=168 alignment=left-float margin=10}https://lh6.googleusercontent.com/-cD2k16Ri3l4/Ts6WNT-eG-I/AAAAAAAAAmw/x0q_Ytj-Or8/s614/Monk%252520at%252520Flood%252520Evacuate.jpeg{/gallery}Bangkok, Thailand -- Dewan Sangha Agung Thailand bekerjasama dengan Kantor Nasional Buddhisme Thailand dalam sebuah kegiatan yang dinamakan "Dhamma Untuk Rehabilitasi Mental Korban Banjir".

Dimana kegiatan ini akan mengirimkan sekitar 200 Bhikkhu relawan dengan pelatihan dalam psikologi Buddhis dan konseling ke pusat-pusat rehabilitasi. Para Bhikkhu mulai mengunjungi korban banjir di pusat-pusat evakuasi dari tanggal 3 November 2011 hingga 24 November 2011. Jika diperlukan, makan kegiatan ini akan diperpanjang lagi jangka waktunya.

Read more: Para Bhikkhu Mengunjungi Pusat-Pusat Evakuasi Korban Banjir Di Thailand

Category: Berita Buddhis Published: Saturday, 22 October 2011

Kota Aba Di China Dikepung Karena Protes Para Bhiksu Tibet

 

Aba, China -- Polisi anti hura hara membawa senapan otomatis lengkap dan besi pembatas menjaga di luar sebuah vihara besar Tibet di barat daya China, adegan dari serangkaian pembakaran-diri oleh Bhiksu Buddhis.

Para penghuni vihara Kirti - salah satu yang paling penting dalam Buddhisme Tibet - telah hidup di bawah kondisi seperti pengepungan sejak seorang bhiksu muda meninggal dunia setelah membakar dirinya sebagai protes atas penindasan agama di bulan Maret lalu.

Read more: Kota Aba Di China Dikepung Karena Protes Para Bhiksu Tibet

Category: Berita Buddhis Published: Sunday, 16 October 2011

Dhammapada Atthakatha Hadir Dalam Kamar Hotel dan Rumah Sakit Di Kota Medan

 

Medan, Indonesia -- Pada bulan Oktober 2011 ini, Bodhi Buddhist Centre Indonesia (BBCId) yang berada dibawah pembinaan Bhikkhu Jinadhammo Mahathera kembali mengambil langkah baru dengan melakukan pendekatan terhadap beberapa pengusaha Buddhis di kota Medan untuk bekerjasama dalam menempatkan Kitab Suci Agama Buddha berupa Kitab Dhammapada Atthakatha di laci Kamar Hotel maupun Rumah Sakit Swasta yang ada di Kota Medan.

Read more: Dhammapada Atthakatha Hadir Dalam Kamar Hotel dan Rumah Sakit Di Kota Medan

Category: Berita Buddhis Published: Thursday, 13 October 2011

Di Vihara-Vihara Di Thailand selatan, Tentera Melebihi Jumlah Bhikkhu
Oleh : Didier Laura, AFP

 

Pattani, Thailand -- Dengan kawat berdurinya, karung pasir bunker dan penjaga bersenjata, Vihara Lak Muang yang berada di Thailand Selatan yang terobek perselisihan mendalam lebih mirip sebuah pos militer daripada sebuah candi Buddha yang khas.

Karena pemberontakan berani mati meletus di wilayah yang di dominasi Muslim tujuh tahun lalu, tentara telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari ritual agama di wilayah tersebut, dimana pasukan tinggal bersebelahan dengan Bhikkhu di vihara-vihara.

Read more: Di Vihara-Vihara Di Thailand selatan, Tentera Melebihi Jumlah Bhikkhu

Category: Berita Buddhis Published: Thursday, 26 July 2007

Ratu Sirikit Berdana Makanan Kepada Para Bhikkhu Di Thailand Selatan
[Dikutip dari TNA, 26 Juli 2007]

 

Bangkok, Thailand -- Para Bhikkhu akan segera menjalankan vassa selama 3 bulan, ratu Sirikit lalu berpesan kepada kepala rumah tangga kerajaan untuk mengirimkan nasi dan makanan kering kepada para Bhikkhu yang berkelana dan tinggal di vihara yang berada di 4 propinsi selatan selama 3 bulan.

Jenderal Napol Boontab, direktur proyek kerajaan, mengatakan bahwa ada sekitar 350 orang Bhikkhu yang berkelana dan tinggal di vihara-vihara di Yala, Pattani, Narathiwat dan Songkhla untuk meningkatkan moral umat Buddha di wilayah Thailand Selatan yang penuh dengan pertentangan.

Read more: Ratu Sirikit Berdana Makanan Kepada Para Bhikkhu Di Thailand Selatan