Category: Uncategorised Published: Friday, 06 October 2017

Bodhi Buddhist Centre Indonesia

 

Bodhi Buddhist Centre Indonesia merupakan sebuah organisasi sosial keagamaan Buddha yang digerakkan oleh sekelompok remaja Buddhis di kota Medan ini secara perlahan tapi pasti mulai berkembang ini mendapat dukungan penuh dari Yang Mulia Bhikkhu Jinadhammo Mahathera dan Bhiksuni Faxin. Kemudian pada bulan Mei 2009 lalu dibentuklah Yayasan Nyana Samwara yang memayungi Bodhi Buddhist Centre Indonesia, dimana Bhikkhu Jinadhammo Mahathera dan Bhiksuni Faxin sebagai Pembina Yayasan. Berbagai organisasi buddhis terus bermunculan, tetapi kehadiran Bodhi Buddhist Centre Indonesia cukup berbeda dengan yang lainnya karena lebih memperhatikan masalah pendidikan dibandingkan dengan ritual keagamaan Buddha semata.

 

Penerbitan Buku Dhamma

Menyadari masih banyaknya umat Buddha yang hanya menjalankan ritual keagamaan Buddha tanpa mempunyai pengetahuan yang cukup akan ajaran agama Buddha yang diyakini, maka sejak tahun 1997 Bodhi Buddhist Centre Indonesia mulai menerbitkan buku-buku Dhamma yang dibagikan gratis dengan tujuan agar lebih banyak umat Buddha dapat memahami makna sebenarnya dari ajaran agama Buddha. Penerbitan Bodhi Buddhist Centre Indonesia kemudian dikenal dengan Penerbit Samwara, yang secara tidak langsung telah merangsang munculnya berbagai penerbit buddhis di Sumatera Utara.

Selain menerbitkan buku-buku Dhamma bermutu yang tersebar diberbagai pelosok tanah air, menyadari tidak semua pihak memiliki kesenangan yang sama mempelajari Dhamma melalui buku, Penerbit Samwara juga menerbitkan DVD maupun MP3 yang juga dibagikan secara cuma-cuma. Bodhi Buddhist Centre Indonesia juga pernah menerbitkan Kitab Suci Dhammapada Atthakatha yang ditempatkan di kamar-kamar hotel yang terdapat di Sumatera Utara.

 

Situs Buddhis

Selain mencetak ratusan ribu buku Dhamma untuk memasyarakatkan Buddha Dhamma, Bodhi Buddhist Centre Indonesia juga meluncurkan website pada tanggal 16 Juni 1999 agar buku-buku Dhamma yang diterbitkan gampang diakses dari mana saja dan kapan saja.

Situs Buddhis ini pada awalnya beralamat di http://www.Kalyanadhammo.Net, meski kurang tertata tetapi masih dapat diakses di http://www.reocities.com/bbcid.geo. Dan saat ini Bodhi Buddhist Centre Indonesia telah memiliki web resmi di http://www.bbcid.org. Secara berkala, situs ini akan terus diperbaharui untuk memberi kemudahan bagi semuanya. Bila ingin memuat karya-karya tulis Dhamma Anda dapat mengirimkannya pada kami melalui eMail atau langsung diantar ke kantor kami.

 

SMB Bodhi Kids Club

Anak-anak adalah penerus Agama Buddha, dan oleh sebab itu dirasakan sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai keluhuran Dhamma pada mereka sejak usia dini. Untuk itu, Bodhi Buddhist Centre Indonesia juga menghimpun para remaja Buddhis yang peduli untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan SMB Bodhi Kids Club.

Di SMB Bodhi Kids Club, anak-anak diajarkan nilai-nilai Dhamma, tata susila, budi pekerti melalui cerita-cerita yang menarik. Kakak-kakak pembina yang trampil dan cekatan juga menyisipkan ketrampilan, nyanyian dan tarian bagi anak-anak sehingga semua anak-anak Bodhi Kids Club senang dan bahagia bila hari minggu menjelang karena akan kembali berkumpul dengan teman-teman dan kakak Pembina mereka.

Saat ini, SMB Bodhi Kids Club yang membina lebih dari 180 anak membuka pendaftaran 2x setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Karena banyaknya minat umat Buddha untuk mengikut sertakan anak-anaknya dan kepercayaan yang tinggi pada kakak-kakak pembina yang ada di SMB Bodhi Kids Club maka sejak pertengahan tahun 2010 telah dibuka 3 lokasi SMB Bodhi Kids Club sebagai berikut :

Bodhi Kids Club Medan Kota
Jl. Flores No.6, Medan.
 
Bodhi Kids Club Kota Bangun
Sekolah Erlangga Trisuci Murni
Jl. Perak - Kota Bangun
 
Bodhi Kids Club Buddha Siri
Vihara Buddha Siri, Kota Indrapura

 

BBCId Youth Section

Pada tahun 2011, dibentuklah sebuah wadah muda-mudi sebagai rumah kedua bagi anak-anak remaja Buddhis untuk belajar dan mempraktekan Ajaran Agung Sang Buddha. Setiap Minggu setelah mengikuti Puja Bhakti, anak-anak BBCId Youth Section akan mengadakan berbagai kegiatan untuk mengasah kemampuan dan ketrampilan mereka seperti membuat kerajinan tangan dalam pengumpulan dana untuk melakukan bakti sosial mengunjungi panti-panti, peduli HIV Aids, outbound, dll.

 

Pelayanan Perpustakaan

Pada tahun 2005, Bodhi Buddhist Centre Indonesia meningkatkan pelayanan kepada umat Buddha, simpatisan Buddhis dan masyarakat umum dengan membuka sebuah Perpustakaan Buddhis Umum NYANA SAMWARA yang berlokasi di jalan Irian Barat No.77, Medan.

Nama “NYANA SAMWARA” diberikan oleh Pembina Yayasan, Yang Mulia Bhikkhu Jinadhammo Mahathera yang mana itu merupakan guru pembimbing beliau yang telah di bahasa Indonesiakan, yaitu Yang Mulia Somdet Phra Ñana Samvara, Sangharaja Thailand saat ini.

Hingga saat ini, Perpustakaan Nyana Samwara merupakan Perpustakaan Buddhis Umum pertama di Pulau Sumatera yang menyediakan lebih dari 6.000 buku Dhamma dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Mandarin) dengan 2 Set Tipitaka (Tipitaka Pali berbahasa Inggris dan Tripitaka Sanskrit berbahasa Mandarin) dan dibuka setiap hari Selasa hingga hari Minggu.

Bodhi Buddhist Centre Indonesia juga secara rutin mensuply buku-buku Dhamma ke Perpustakaan dan Arsip Propinsi Sumatera Utara dan pernah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Sumatera Utara pada tahun 2008. Tidak hanya itu, Bodhi Buddhist Centre Indonesia juga mengupayakan kehadiran buku-buku Dhamma di berbagai perpustakaan kota, perpustakaan sekolah (Sekolah Sutomo, Hang Kesturi, WR Supratman, Husni Thamrin, Erlangga Trisuci Murni, dll), dan perpustakaan desa. Perpustakaan Buddhis Umum Nyana Samwara juga menginspirasi  munculnya beberapa rumah baca dan perpustakaan buddhis seperti Perpustakaan Vihara Mahadana Tebing Tinggi, Perpustakaan BLIA YAD Medan, dll.

Pada tahun 2012, Perpustakaan Buddhis Umum NYANA SAMWARA telah menempati gedung baru milik yayasan sendiri tepatnya di jalan gaharu no.18/71, Medan yang mana menyediakan buku-buku yang lebih lengkap serta 3 ruang baca yaitu ruang baca anak, ruang baca indoor full a/c dan ruang baca outdoor bagi yang kurang nyaman dengan pendingin ruangan.

 

Program Anak Asuh Buddhis

Menyadari banyak anak-anak dari keluarga Buddhis yang belum mengecap pendidikan dan menjadi sasaran dalam misi penyebaran agama tertentu, maka Bodhi Buddhist Centre Indonesia mulai memberikan perhatian untuk mendanai Program Anak Asuh Buddhis.

Setelah berjalan beberapa tahun dan telah berhasil meluluskan puluhan anak asuh, Bodhi Buddhist Centre Indonesia terus menganalisis hasil yang diperoleh agar tidak menyia-nyiakan dana yang disalurkan umat. Mulai tahun 2011 ini, semua anak asuh disediakan asrama dengan tujuan agar dapat menciptakan kondisi belajar yang bagus dengan menyediakan segala kebutuhan hidup sehari-hari, makanan yang bergizi dan guru pembimbing.

Saat ini, sebanyak 15 anak asuh tinggal di Rumah Bodhi, Asrama Anak Asuh yang berlokasi di Jl. Irian Barat No.77, Medan. Dalam waktu dekat, akan didirikan asrama anak asuh buddhis diatas lahan seluas 450m2. Kami mengetuk hati para donatur dan simpatisan buddhis untuk ikut mendukung pembangunan asrama anak asuh dengan harapan kami dapat membina lebih banyak anak-anak buddhis.

 

Program Kesejahteraan Guru Agama Buddha

Bodhi Buddhist Centre Indonesia yang sejak awal peduli pada bidang pendidikan mulai memperhatikan kesejahteraan para guru agama Buddha. Mulai tahun 2010, setiap bulannya 30an guru Agama Buddha mendapat santunan berupa 1 goni beras 10 kg. Dan mulai tahun 2011, setiap guru Agama Buddha yang memiliki anak kandung dibawah umur 5 tahun akan mendapat bantuan 1 kotak susu anak.

Meski tidak seberapa, diharapkan bantuan ini dapat meringankan sedikit biaya kebutuhan hidup yang semakin tinggi setiap tahunnya.

 

Program Kemanusiaan Buddhis

Melihat fakta lapangan dimana tidak sedikit umat Buddha kurang mampu yang diajak berpindah agama, maka Bodhi Buddhist Centre Indonesia mulai tahun 2008 meluncurkan program pengenalan kembali agama Buddha pada umat Buddha, khususnya dari keluarga kurang mampu melalui Program Kemanusiaan Buddhis.

Keluarga Buddhis yang setelah disurvei dan dinyatakan patut menerima bantuan diharuskan hadir setiap bulannya untuk ‘belajar’ Dhamma secara rutin selama setahun. Setelah selesai baru akan dibagikan bantuan berupa beras (bantuan tetap) dan keperluan sehari-hari (bantuan tidak tetap, sesuai dengan dana yang diterima dari umat) kepada mereka sebagai bonus dari niat baik mereka mempelajari Dhamma.

 

 

Hits: 126